Posted by : Yunesya Aisah Mafari Minggu, 07 Januari 2018

Assalamualaikum Wr . Wb

Selasa, 09 Januari 2018

Sekarang sudah memasuki pkl yang  ke 110 dan hari ini saya belajar membuat Aplikasi Stok Barang dengan Microsoft Excel .

Sebelum belajar membuat Aplikasi Stok Barang dengan  Microsoft Excel , sebaiknya kita harus mengenal tentang  Fungsi dan Rumus Microsoft Excel terlebih dahulu , yaitu sebagai berikut  :

1.Fungsi Average

Fungsi ini digunankan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range) . Penulisannya adalah :

=AVERAGE(number1, number2,…)

Dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8 , maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter .

2. Fungsi Sum

Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range .

Penulisan adalah  :

=SUM(number1, number2,…)

Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan . Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.

3. Fungsi Max

Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah ;

=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya . Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter .

4. Fungsi Min

Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik . Bentuk umum penulisannya adalah ; 

=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya . Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data E8 sampai G8 , maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter .

5. Fungsi Count

Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih . Bentuk umum penulisannya adalah ; 

=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dihitung jumlah datanya . Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range data E8 sampai G8 , maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter .

6. Fungsi Logika IF

Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu . Misalnya , jika nilai sel A1=1 , maka hasilnya 2 , jika tidak , maka akan bernilai 0 . Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut :

Lambang Fungsi

= Sama dengan

< Lebih kecil dari

> Lebih besar dari

<= Lebih kecil atau sama dengan

>= Lebih besar atau sama dengan

<> Tidak sama dengan

Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah ;

=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya kalau ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka perintah pada value_if_true akan dilaksanakan, jika salah, maka perintah pada value_if_false yang akan dilaksanakan .

 Sumber : https://belajarexcelmudah.blogspot.co.id/2014/08/belajar-microsoft-excel-pemula-mahir.html

Berikut sedikit penjelasan mengenai Fungsi atau Rumus di Microsoft Excel . Sekian dari saya apabila ada kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan saya mohon minta maaf dan sampai jumpa di blog saya di hari – hari berikutnya . bye – bye

Wassalamualaikum Wr . Wb

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Yunesya Blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -